Picture of Admin  Bedah Solo
Profil Pasien Dengan Chronic Kidney Disease (CKD) Sebagai komplikasi dari Uropati Obstruktif berdasarkan identitas, Kausal dan Nilai Serum Kreatinin dan Kaliun Serta Penatalaksanaannya di RS DR Moewardi Surakarta Periode Januari 2017 – Januari 2018.
by Admin Bedah Solo - Sunday, 15 September 2019, 08:33 PM
 
PENDAHULUAN

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh dan berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dan racun tubuh yang di distribusikan dalam beberapa bentuk, salah satunya melalui urin, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh. Ginjal menjalankan fungsi yang vital sebagai pengatur volume dan komposisi kimia darah. Dengan mengekskresikan zat terlarut dan air secara selektif. Apabila kedua ginjal ini karena sesuatu hal gagal menjalankan fungsinya, akan terjadi kematian.
Uropati obstruksi merupakan hal yang penting peranannya sebagai penyebab acute renal failure (ARF) maupun Chronic renal failure. Pada suatu study, Uropathy obstructive merupakan hal yang berperan dalam kejadian acute renal failure pada 36% total pasien pada penelitian tersebut.
Obstruksi uropati adalah sumbatan secara anatomi maupun fungsi pada semua level dari saluran kemih mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga pada urethra. Obstruksi dapat di sebabkan oleh kelainan kongenital, neoplasma, infeksi ataupun adanya batu saluran kemih. Sumbatan aliran urin mengakibatkan peningkatan tekanan pada proksimal dari sumbatan. Apabila kerusakan pada parenkim ginjal mengakibatkan terjadinya nefropathy obstruksi. Pada apabila proses bergulir maka ginjal akan mengalami “hidronefrosis” suatu keadaan dimana terjadi pelebaran pelvis dan kaliks ginjal yang dipenuhi oleh urin.
Gagal ginjal kronis biasanya terjadi sebagai akibat obstruksi bilateral mendadak dan komplit, atau obstruksi sekunder berupa obstruksi unilateral di mana ginjal kolateral tidak berfungsi atau tidak ada.



https://mega.nz/#!nl1xyIbL!sAHsKXKeotxhSg4g1IbczXTCeCdLFAbtoJTq-7RbggE