Picture of dr Zico Paradigma
HERNIA INCISIONAL INCARSERATA
by dr Zico Paradigma - Wednesday, 11 September 2019, 12:16 PM
 
PENDAHULUAN

Hernia insisional merupakan salah satu komplikasi tersering pada operasi abdomen. Insidensinya bergantung pada penanganan dari faktor risiko. Hernia insisional dapat berkembang pada waktu yang berbeda dari tindakan pembedahan, namun 90% dari hernia insisional terjadi selama 3 tahun setelah pembedahan.16 Rentang nilai 11%-20% pada luka tanpa komplikasi. Insidensi meningkat pada faktor risiko yang spesifik di kondisi tertentu. Hal ini terjadi disebabkan oleh kelemahan pada dinding perut yang memungkinkan organ-organ, seperti usus atau jaringan lemak, menonjol melalui area yang lemah ( locus minoris).
Hernia insisional terjadi paling sering pada sayatan panjang di tengah perut, tetapi juga dapat terjadi melalui sayatan di mana saja di area perut dan terkadang hanya terbentuk di sebagian sayatan bekas operasi saja. Hernia insisional yang tidak dilakukan terapi akan membesar seiring dengan waktu dan membuat prognosa untuk terapi menjadi sulit. Komplikasi dari hernia insisional sendiri dapat menimbulkan nyeri perut atau suatu ketidaknyamanan, keterbatasan dalam aktivitas sehari-hari dan dari segi estetika membuat penampilan yang tidak sedap dipandang. Komplikasi yang jarang terjadi tetapi bisa sangat serius dan dapat mengancam jiwa berupa obstruksi usus,strangulasi dan fistula enterocutan. .

Pada saat ini akan dibahas salah satu komplikasi yang jarang terjadi pada kasus hernia insisional, yaitu inkarserasi. Sekitar 5-15% kasus hernia insisional akan menimbulkan gejala inkarserasi dan sekitar 2,4 % dari hernia insisional menimbulkan komplikasi strangulata.25 Inkaserasi dapat berupa asimptomatis kronis seperti pada defek hernia yang luas, atau gejala akut inkarserata.14 Hal ini dapat direduksi atau tidak dapat direduksi, tergantung dengan komplikasi lain seperti obstruksi atau tanpa komplikasi. Pada hernia kronis inkarserasi, adhesi dapat terjadi antara bagian hernia dan kantung. Sementara pada hernia akut inkarserasi ,ukuran defek kecil merupakan penyebab dari inkarserasi.




https://mega.nz/#!Ws8CAYJD!NvSmmDSJ9XvIyhlnEKQNKsniG63sVe8ApQhx2l8PDrc