Picture of dr Zico Paradigma
A GIANT SCHWANNOMA IN POSTERIOR MEDIASTINUM (A RARE CASE REPORT)
by dr Zico Paradigma - Monday, 9 September 2019, 11:52 AM
 
PENDAHULUAN

Shwannoma adalah suatu bentuk tumor jinak yang berasal dari selubung saraf tepi yang disebut dengan sel Schwann’s. Tumor ini mempunyai predileksi di daerah kepala, leher, dan bagian fleksor dari ektremitas. Daerah dinding dada merupakan daerah yang sangat jarang menjadi tempat berkembangnya schwannoma. Namun, kali ini akan dibahas suatu kasus schwannoma yang berada pada rongga dada.
Pada regio thorak, mediastinum merupakan daerah utama terjadinya schwannoma. Pada bahasan ini akan dipresentasikan mengenai kasus schwannoma yang berada pada rongga dada yang terdeteksi secara tidak sengaja saat pemeriksaan tumor mediastinum.
Schwannoma merupakan jenis tumor jinak yang perkembangannya cukup lambat. Tumor ini biasanya terdeteksi secara tidak sengaja saat pencitraan rongga dada untuk keluhan-keluhan yang tidak jelas. Pemeriksaan CT scan dapat mendukung diagnosis dari schwannoma dan seberapa untuk menilai sejauh mana perkembangan tumor tersebut. Pilihan tatalaksana untuk kasus tersebut adalah pembedahan.



https://mega.nz/#!WhMy0SBA!UgDYes7PcMLrMI70jVPCSexdr5hX0nGkBjsXf5skciQ