Picture of dr Zico Paradigma
BUERGER DISEASE
by dr Zico Paradigma - Sunday, 8 September 2019, 01:41 PM
 
Buerger’s disease atau tromboangiitis obliterans (TAO) didefinisikan sebagai sindrom klinis yang ditandai dengan oklusi trombotik, non atherosklerotik, vaskulitis segmental pada arteri dan vena kecil dan sedang yang mengenai daerah ekstremitas atas maupun bawah (Mills, 2003; Haro et al., 2012). Inflamasi yang terjadi pada TAO menyebabkan oklusi pada pembuluh darah lengan dan tungkai bagian distal, menyebabkan klaudikasio atau rest pain, luka dan ulkus yang tidak membaik. Kondisi ini disebut Critical Limb Ischemia (CLI).
Penyakit Buerger (Tromboangitis Obliterans) merupakan penyakit oklusi pembuluh darah perifer yang lebih sering terjadi di Asia dibandingkan di Negara-negara barat. Penyakit ini merupakan penyakit idiopatik, kemungkinan merupakan kelainan pembuluh darah karena autoimmune, panangitis yang hasil akhirnya menyebabkan stenosis dan oklusi pada pembuluh darah.
Insidensi TAO di Amerika dilaporkan sebesar 12,6/100.000 populasi. Meskipun penyakit ini tersebar di seluruh dunia, namun prevalensinya lebih banyak dijumpai di daerah Timur Tengah dan Timur Jauh. TAO lebih banyak menyerang pasien muda dan lebih banyak terjadi pada laki-laki, namun Tao dijumpai juga pada wanita. TAO berbeda dengan penyakit arteri perifer (peripheral artery disease/PAD) karena TAO disebabkan karena inflamasi sedangkan PAD disebabkan karena atherosklerosis (Piazza dan Creager, 2010).
Meskipun TAO dan PAD sama dalam penampakan klinis, namun karena kausa dan patofisiologi keduanya berbeda, pengobatan TAO juga berbeda dengan PAD. Pada kasus ini akan dibahas seorang laki-laki usia 30 th dengan diagnosis burger disease dan penatalaksanaannya di bangsal perawatan.


https://mega.nz/#!D9tQRQ4R!NId441DuAoEgghaVcm1-PHbxvnWwaZb0aV-xSMgkDvc