Picture of Dr. Wibisono,Sp.U
PENGARUH PENGGUNAAN KATETER URETRA TERHADAP KADAR PROSTATE SPECIFIC ANTIGEN
by Dr. Wibisono,Sp.U - Tuesday, 26 April 2016, 09:55 AM
 

PENGARUH PENGGUNAAN KATETER URETRA

TERHADAP KADAR PROSTATE SPECIFIC ANTIGEN


Sub‑bagian Urologi Bagian Ilmu Bedah

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia‑ Rumah Sakit Cipto Mangunksumo,

Jakarta

 

ABSTRAK

 

PSA adalah penanda jaringan yang spesifik karena hanya diproduksi oleh sel‑sel epitel prostat jinak maupun ganas. Peningkatan PSA didapatkan pada benign prostatic hyperplasia (BPH) yang besar, peningkatan umur, pemeriksaan colok dubur. Sedangkan pengaruh penggunaan kateter uretra (KU) belum banyak diketahui. Telah dievaluasi secara retrospektif 99 pasien BPH yang berobat di subbagian urologi FKUI‑RSCM. Penderita‑penderita ini dikelompokkan menjadi 2 kelompok: dengan KU 69 penderita, dan tanpa KU 30 penderita. Secara keseluruhan angka rata‑rata kadar PSA pada kelompok dengan KU ternyata lebih tinggi daripada angka rata‑rata PSA pada kelompok tanpa KU. Lebih lanjut lagi pada pengelompokan penderita sesuai dengan angka rata‑rata kadar PSA (0‑4 ng/ml, > 4‑10 ng/ml, > 10 ng1ml), ternyata didapat perbedaan bermakna antara kelompok dengan KU dan tanpa KU. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan KU dapat merupakan salah satu faktor yang menyebabkan peninggian kadar PSA.

Prostate specific antigen (PSA) adalah suatu glikoprotein dengan berat molekul 34000 Dalton, mempunyai 237 asam amino residu dan 4 rantai samping karbohidrat (1‑3). PSA bersifat sebagai protease serine, termasuk kelompok kallikrein, dan hanya di produksi oleh sel‑sel epitel prostat baik jinak maupun ganas, membuatnya berfungsi sebagai penanda jaringan yang spesifik. Fungsi dari enzym. ini adalah untuk melisiskan koagulum semen. Halflife PSA menurut Stamey dkk (3,4) adalah 2.2 + 9,8 hari, sedangkan menurut Oesterling (3,4) 3,2 + 0,1 hari. Karena itu diperlukan waktu minimal 2‑3 minggu agar nilai PSA kembali ke harga dasar setelah suatu manipulasi pada prostat (1,5).

Kadar PSA dipengaruhi oleh umur, dimana PSA secara konsisten meningkat dengan bertambahnya umur (6). Kadar PSA meningkat pula pada kanker prostat (KP) dan benign prostatic hyperplasia (BPH) yang besar, hal ini dikemukakan oleh Lee dkk bahwa tiap gram jaringan prostat sesuai dengan kadar PSa 0,12 ng/mI (8) Chybowski melaporkan bahwa 30 jam setelah pemeriksaan colok dubur (PCD) terjadi peningkatan PSA 0,4ng/ml, peningkatan ini secara statistik bermakna, tetapi tidak bermakna secara klinis (9). Efek yang pasti dari pemasangan kateter uretra (KU) terhadap kadar PSA belum banyak diselidiki (3,10). Walz dkk melaporkan kenaikan kadar PSA pada BPH tidak dipengaruhi bermakna dengan KU. Namun demikian hasil ini didapat dari penderita BPH dengan KU yang berjumlah relatif sedikit, yaitu 17 orang. Sedangkan Aus dkk mengatakan bahwa KU secara lambat akan meningkatkan kadar PSA (11,12).

Pasien BPH yang berobat di FKUI‑RSCM banyak yang datang dan dirawat setelah beberapa lama memakai KU akibat retensi urine (13). Maksud dari tulisan ini adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan KU terhadap kadar PSA dalam serum pada penderita yang didiagnosis sebagai BPH.

(Edited by admin elearning - original submission Sunday, 17 February 2013, 02:31 AM)


Picture of Ruzbih Bahtiar
Re: PENGARUH PENGGUNAAN KATETER URETRA TERHADAP KADAR PROSTATE SPECIFIC ANTIGEN
by Ruzbih Bahtiar - Thursday, 14 March 2013, 04:23 PM
 
Apakah pemeriksaan PSA perlu dilakukan pada semua pasien?
Picture of Dr. Wibisono,Sp.U
Re: PENGARUH PENGGUNAAN KATETER URETRA TERHADAP KADAR PROSTATE SPECIFIC ANTIGEN
by Dr. Wibisono,Sp.U - Tuesday, 26 April 2016, 09:56 AM
 
Pemeriksaan PSA dapat dilakukan pada semua pasien sebagai screening bila pasien tersebut berusia kurang dari 70 tahun, di mana angka harapan hidupnya masih bisa diperpanjang.

Selain itu, tujuan pemeriksaan PSA yang lain adalah untuk diagnostik + Ca prostat bila ditemukan hasil pemeriksaan klinis Rectal Toucher, USG, dan Rontgen BNO yang mengarah ke keganasan prostat.

(Edited by admin elearning - original submission Friday, 15 March 2013, 12:10 PM)