Picture of dr Zico Paradigma
Profil Metode Laparoskopi Herniotomi Ligasi Ekstrakorporeal Single Port pada Hernia Inguinalis Reponibilis Anak dibRSUD Dr Moewardi Surakarta Periode 1 Januari-31 Desember 2016 (Studi Retrospektif)
by dr Zico Paradigma - Sunday, 1 July 2018, 01:16 PM
 
Salah satu kelainan yang sering dijumpai pada anak adalah pembengkakan inguino-skrotum. Sebagian besar dari kelainan ini berhubungan dengan kelainan penurunan testis dan kegagalan obliterasi dari prosesus vaginalis. Kelainan kongenital yang paling umum yang disebabkan oleh kegagalan obliterasi processus vaginalis adalah hernia inguinalis dan hidrocele. Pada masa anak-anak, hernia inguinalis tidak langsung timbul dari kegagalan oblitearsi prosesus vaginalis secara sempurna. Prosesus vaginalis ini merupakan tonjolan embriologis dari peritoneum yang memandu penurunan testis ke dalam skrotum. Prosesus vaginalis memanjang dari cincin inguinal superior, medial, dan anterior ke bagian paling atas dari tunica vaginalis. Prosesus vaginalis biasanya mengalami obliterasi postnatal, kecuali bagian yang menutupi testis. Kegagalan proses obliterasi ini menghasilkan prosesus vaginalis paten, yang merupakan memungkinkan munculnya hernia inguinal indirek kongenital. 1,2,3

Nama         : Zico Paradigma, dr
Judul          : Profil Metode Laparoskopi Herniotomi Ligasi Ekstrakorporeal Single Port pada Hernia Inguinalis Reponibilis Anak dibRSUD Dr Moewardi Surakarta Periode 1 Januari-31 Desember 2016 (Studi Retrospektif)
Pembimbing :
Suwardi, dr, Sp.B, SpBA

Linkfulltext:
https://mega.nz/#!PhlDSK5Q!qbSU8J1gDsLkybwqe23ubKLjPEBU8T6ty2RKxNi43xg

Website:
http://bedahfkuns-elearning.com/learning-system/mod/forum/discuss.php?d=311

Hari/Tanggal :  Selasa, 03 Juli 2018
Jam                 : 07.30 WIB
Tempat           : Ruang Pertemuan Bedah Anggrek IV

Penanya Wajib :

Zico Paradigma, dr
1. Ricky Masyudha,dr
2. Megasiwi, dr
3. Estiarla, dr