Picture of dr Zico Paradigma
Reconstruction of superior and inferior palpebral defect post excision periorbital giant hairy nevi using skingraft (A longterm case report)
by dr Zico Paradigma - Wednesday, 30 May 2018, 12:04 PM
 
Nevus melanositik merupakan neoplasma jinak atau harmartoma yang mengandung melanosit, yaitu sel-sel yang memproduksi pigmen yang secara konsituen berkolonisasi membentuk epidermis. Melanosit merupakan derivat dari krista neuralis yang bermigrasi melalui mesenkim ke epidermis dan folikel rambut selama proses embriogenesis. Nevus melanositik kongenital merupakan lesi kulit berpigmentasi yang mucul sejak lahir atau berkembang segera setelah lahir. Nevus ini dikategorikan berdasarkan diameter yang diperkirakan pada saat dewasa sebagai nevus melanositik kongenital kecil (kurang dari 1,5 cm), medium (1,5 sampai 19,9 cm) dan besar (20 cm atau lebih). Nevus melanositik kongenital seringkali muncul disertai dengan pertumbuhan rambut abnormal yang disebut sebagai nevus kongenital berambut (congenital hairy nevi). Lesi pada nevus kongenital berambut dikategorikan sebagai lesi dengan ukuran raksasa (giant congenital hairy nevi) jika lesi berpigmen tersebut memenuhi beberapa kriteria berikut: lesi mengenai hampir seluruh bagian dari area tubuh seperti wajah atau tangan, lesi dengan diameter lebih dari 20 cm, lesi yang meliputi lebih dari 1% permukaan kepala dan leher, atau lebih dari 2% permukaan tubuh lainnya, lesi dengan luas lebih dari 100 cm2, lesi nevus yang tidak dapat dieksisi dengan satu kali prosedur operasi.

Link Fulltext:
https://mega.nz/#!StNwDLbK!oUMublXRzHr4D_2ztvijNDaWyq6UDtOoY8WLqaKm22Y

Website:
http://bedahfkuns-elearning.com/learning-system/mod/forum/discuss.php?d=300

Nama         : Rizka Vinkan Septiani, dr
Judul          : Reconstruction of superior and inferior palpebral defect post excision periorbital giant hairy nevi using skingraft (A longterm case report)
Pembimbing : dr. Amru Sungkar, SpB, SpBP-RE

Pada
Hari/Tanggal : Kamis, 31 Mei 2018
Jam                 : 07.00 WIB
Tempat           : Ruang Pertemuan Bedah Anggrek IV

Penanya Wajib :
Rizka Vinkan Septiani, dr.
1. Danar Widyatmoko, dr.
2. Galih Santoso Putra, dr.
3. Estiarla dr.